Pentingnya Sarapan Bagi Anak Sekolah

Pentingnya sarapan bagi anak sekolah - Pernahkah anda mengetahui bahwa anak sering mengantuk ketika belajar di sekolah? Anak anak tidak bergairah dan bersemangat belajar? Mereka tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran? Tentu saja pernah setelah mendapat informasi dari guru kelas maupun wali kelasnya.

Mengapa terjadi kasus seperti di atas?

Dari sekian banyak faktor, salah satunya disebabkan oleh kekurangan energi yang dialami oleh anak.

Anak tidak sarapan pagi, atau sarapan  yang cukup untuk menghadapi aktivitas belajar hari itu.

Sebagai orangtua, anda sudah mengetahui manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah. Hanya saja, kadang-kadang kita sering terlupa mengontrol apakah anak sudah sarapan pagi yang cukup untuk membangun energi tubuhnya menghadapi aktivitas belajar anak hari itu. 

Bukan mustahil pula sebagai orangtua kurang peduli dengan sarapan pagi anak. Kita sudah merasa cukup dengan sejumlah uang jajan yang diberikan kepada anak.

Sarapan merupakan makan pertama di pagi hari. Bagi anak sekolah, sarapan pagi bertujuan untuk memasok energi bagi tubuh anak sehingga anak sekolah tidak loyo mengikuti pelajaran hari itu. 

Semangat dan konsentrasi anak tetap terjaga. Jika demikian maka prestasi belajar anak akan optimal.

Oleh sebab itu, orangtua perlu mengontrol dan membimbing anak untuk membiasakan diri sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.

Membiasakan anak sekolah agar sarapan pagi sebenarnya tidak cukup dengan menyuruh saja. 

Metode instruksi tidak efektif untuk membiasakan anak sarapan pagi. Sering  anak sekolah berdalih untuk tidak sempat sarapan.

Salah satu metode yang cukup efektif membiasakan anak sekolah sarapan pagi adalah kebiasaan sarapan bareng anggota keluarga. Kebiasaan ini justru dapat menciptakan komunikasi antara orangtua dan anak. 

Demikianlah sekilas tentang pentingnya sarapan pagi bagi anak sekolah. Semoga menjadi sumber inspirasi bagi anda yang memiliki anak usia sekolah.***