4 Tips Ringan Merawat Seragam Sekolah Anak

4 Tips ringan merawat seragam sekolah anak – Ibu rumah tangga memppunyai banyak tugas dan pekerjaan di rumah. Seorang ibu akan merawat anak dan segala  perlengkapannya dengan telaten. Salah satu kegiatan penting yang dilakukan seorang ibu rumah tangga adalah menjaga semua perlengkapan sekolah anak dan peralatan lainnya.

Tujuannya adalah supaya perlengkapan dan peralatan sekolah tersebut tetap awet dan tahan lama.

Hal ini akan dapat mengirit pengeluaran, apalagi dalam kondisi perekonomian saat ini. Selain itu dapat pula digunakan untuk biaya pendidikan anak yang lainnya.
Baca : Tips Merawat Perlengkapan Sekolah
Kali ini lebih dalam akan dibahas bagaimana memelihara seragam sekolah anak. Bagi sahabat yang mempunyai anak usia taman kanak kanak dan sekolah dasar, perawatan seragam harian sekolah anak perlu mendapat perhatian khusus. Anak pada usia ini paling tidak bisa memperhatikan keselamatan seragam sekolahnya.

Pakaian seragam sekolah  anak usia sekolah dasar adalah stelan baju putih dan celana/rok merah.  Baju anak  sering kotor dan semrawut. Maklumlah, aktivitas bermain  anak usia sekolah dasar, termasuk taman kanak kanak  cukup tinggi.

Mereka bermain lebih agresif  dengan temannya seperti berlari untuk bermain kejar-kejaran. Dapat dibayangkan bagaimana keadaan seragam anak setelah mereka pulang sekolah.

Berikut ini adalah tips merawat seragam sekolah anak :

1.Seragam digantung pada cantolan kain

Jika seragam anak  masih bisa dikenakan untuk hari esoknya,  sebaiknya pakaian itu digantung dengan gantungan kain (cantolan) di tempat yang kena angin. Upaya ini bertujuan agar seragam anak tidak semrawut. 

Selain itu mencegah kelembababan yang memungkinkan timbulnya bintik-bintik hitam pada baju terutama pada ketiak dan punggung.

2. Mencuci dengan sedikit sabun cuci

Jika seragam anak terlalu kotor segeralah cuci  dengan menggunakan sedikit sabun. Namun dibilas dengan air yang cukup. Sebenarnya, mencuci seragam anak terlalu sering dengan pencuci terlalu banyak akan membuat cepat lapuk dan pudar warnanya.

3.Menjemur seragam di tempat teduh

Menjemur pakaian sekolah anak yang sudah dicuci, sebaiknya dikeringkan  saja pada tempat yang tidak kena cahaya matahari langsung.

4.Menyetrika dengan suhu sedang

Menyetrika pakaian seragam sekolah anak bertujuan supaya rapi. Sebaiknya disetrika pada saat setrika bersuhu sangat tinggi. Tujuannya supaya pakaian tidak cepat menipis dan mudah robek.

Demikianlah tips merawat seragam sekolah anak dan mudah-mudahan ada manfaatnya dari artikel sederhana ini.***