Faktor Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Faktor berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa - Pada artikel terdahulu sudah dikemukakan bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Namun demikian, upaya apa pun dilakukan untuk memaksimalkan hasil belajar tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. 
Baca juga: Tips Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah menjalani serangkaian proses pembelajaran. Hasil belajar tersebut dapat digambarkan secara kuantitas dan kualitas.

Secara kuantitas dinyatakan dengan angka antara 0 sampai 100. Sedangkan secara kualitas digambarkan dengan katagori sangat baik, baik, sedang dan kurang.

Hasil belajar siswa dikatakan baik apabila telah mencapai syarat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 

Sedangkan secara kualitas dikatakan baik apabila sudah mencapai katagori minimal, baik. Pola ini berlaku universal untuk lembaga  sekolah.
                               
Faktor berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah:

1. Minat dan sikap siswa

Minat siswa terhadap suatu mata pelajaran akan mempengaruhi sikap siswa terhadap mata pelajaran itu. Jika siswa meminati suatu mata pelajaran maka ia akan menunjukkan sikap serius dan ingin mengikutinya sebaik mungkin.

Biasanya siswa akan memperoleh prestasi yang optimal. Sebaliknya, jika siswa kurang meminati karena dianggapnya sulit misalnya, maka ia akan menunjukkan sikap cuek dan sering mengeluh.

2.Motivasi belajar

Motivasi merupakan hal-hal yang mendorong siswa untuk mau belajar. 

Semangat dan kemauan belajar ini akan menjadi roket pendorong bagi siswa untuk memperoleh prestasi belajar secara maksimal. 

Jika motivasi belajar siswa rendah, maka sangat sulit untuk meraih prestasi belajar yang maksimal.

3.Konsentrasi belajar

Konsentrasi belajar adalah pemusatan seluruh aktivitas fisik dan mental pada  pelajaran yang sedang berlangsung. 

Konsentrasi menjadi modal utama untuk dapat mengikuti suatu pelajaran. Dengan konsentrasi maka siswa tidak akan melakukan kegiatan lain selain dari aktivitas belajar yang sedang sedang berlangsung.

4.Cita-cita siswa

Untuk apa siswa belajar? Pertanyaan ini sederhana tapi kadang-kadang siswa tidak bisa memberikan jawaban yang sesunggungguhnya. 

Padahal cita-cita merupakan harapan untuk meraih sesuatu yang diinginkan. Dengan adanya cita-cita maka siswa akan berusaha untuk meraih prestasi belajar yang tinggi.

5. Intelegensi

Intelegensi (kecerdasan) menjadi faktor penentu dalam meraih prestasi belajar. Namun intelegensi tidak ditempatkan pada faktor  di urutan pertama. 

Hal ini disebabkan karena fenomena yang terjadi anak yang berintelegensi tinggi tidaklah menjamin prestasi yang optimal tanpa dukungan factor lain.

Demikian kira-kira uraian tentang faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah.***