Kurikulum, Jembatan Mutu Pendidikan

Kurikulum jembatan mutu pendidikan – Pada hakikatnya meningkatkan mutu pendidikan sesungguhnya adalah usaha untuk mendekatkan manusia pada sumberdaya manusia yang berkualitas. Dengan demikian terdapat keterkaitan langsung antara mutu pendidikan dengan kualitas sumberdaya manusia.

kurikulum,jembatan mutu,pendidikan
Dalam konteks pembangunan Indonesia, sumberdaya manusia yang berkualitas adalah manusia yang memiliki kemampuan intelektual, emosional dan berketerampilan yang handal.

Kemampuan intelektual meliputi kemampuan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara itu kemampuan emosional terdiri dari keimanan dan ketaqwaan, sikap mandiri, disiplin dan peka terhadap segala bentuk perubahan. 

Dengan demikian lembaga pendidikan sebagai wahana untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas harus mampu memberikan bekal kemampuan tersebut.

Jembatan penghubung mutu pendidikan dengan sumberdaya manusia adalah kurikulum pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan diwujudkan dalam kurikulum pendidikan

Kurikulum tersebut harus relevan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Mampu menjawab dinamika dan persoalan pembangunan yang tengah dihadapi. Sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa. Mengakomodasi segala bentuk nilai seni dan budaya bangsa.

Tentunya, kurikulum 2013 diharapkan dapat mengakomodir semua aspek kebutuhan terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. 

Jika tidak, ada harapan kurikulum ini akan mengalami nasib yang sama dengan kurikulum sebelumnya.

Terpaksa "diutak-atik" di tengah perjalanan dengan alasan penyempurnaan.***