3 Tips Ampuh Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

3 Tips ampuh meningkatkan prestasi belajar siswa - Pertama admin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada sahabat yang menunaikannya. Bagi siswa pendidikan dasar dan menengah khususnya diucapkan selamat memulai Tahun Pelajaran Baru 2013/2014.

Permulaan tahun ajaran baru ini menjadi tantangan berat karena bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan. 

Namun demikian diharapkan kondisi ini menjadi pemicu untuk meningkatkan hasil belajar pada tahun pelajaran ini.

Mumpung masih dalam suasana permulaan tahun pelajaran, kali ini akan dibahas bagaimana meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah, khususnya prestasi belajar akademik.  

Secara sederhana, yang dimaksud dengan prestasi belajar adalah hasil perolehan siswa setelah melalui rangkaian proses pembelajaran. 

Proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan melalui kegiatan tatap muka di ruang kelas sesuai alokasi waktu yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah. 

Proses ini diakhiri dengan kegiatan evaluasi untuk mengukur hasil atau prestasi belajar siswa. 

Berikut ini adalah beberapa tips cara meningkatkan prestasi belajar siswa:

1.Niat dan tekad

Segala sesuatu kegiatan harus dimulai dengan niat yang tulus dan ikhlas dan diiringi dengan doa yang khusuk. 

Sebab, hasil yang akan dicapai juga ditentukan oleh niat dan doa. Siswa harus berniat, bertekad dan berdoa untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Menjadi yang terbaik di kelas atau di sekolah.

2. Upaya dan ikhtiar

Upaya yang pertama dilakukan siswa adalah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. 

Dalam hal ini, siswa perlu aktif fisik dan mentalnya selama pembelajaran berlangsung. Mencatat rangkuman materi pelajaran yang penting, bertanya dan berdiskusi, mengikuti kegiatan dan aturan sekolah dengan baik. 

Gunakan waktu istirahat belajar sebaik mungkin sehingga dapat memulihkan kesegaran otak. 

Upaya yang diikuti dengan sepenuh hati dan melakukan ibadah akan menghasilkan suatu ikhtiar yang optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pembelajaran sesungguhnya akan berlanjut di rumah masing-masing siswa. Tugas siswa selanjutnya adalah mengulang pelajaran yang sudah dipelajari dan dicatat di sekolah. 

Kemudian diikuti dengan mengerjakan tugas yang diberikan guru jika ada. 

Tugas dapat dikerjakan secara perorangan atau berkelompok. Kalau dapat minta bantuan orangtua untuk memfasilitasi kegiatan belajar di rumah. 

Tak ada salahnya minta dibuatkan minuman ringan pada orangtua untuk memacu semangat belajar.

Agar tetap sehat dalam melakukan berbagai aktivitas belajar, siswa perlu menjaga kesehatan fisik. Tidak terlalu larut malam kalau tidur. 

Jangan memaksakan diri belajar sampai larut malam. Selain itu perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan sederhana.

Melengkapi ikhtiar siswa perlu melaksanakan kewajiban beribadah wajib maupun sunat. Tidaklah tepat saking rajin belajar meninggalkan ibadahnya.

3.Tawakal

Setelah melakukan berbagai upaya dan ikhtiar, siswa perlu berserah diri kepada Maha Pencipta. Sebab, segala doa, upaya dan ikhtiar sangat ditentukan oleh yang Maha Kuasa. Namun siswa tidak boleh putus asa, sebaliknya selalu menaruh pengharapan kepada Sang Pencipta.

Demikianlah tips meningkatkan prestasi belajar siswa. Mudah-mudahan bermanfaat.***