Sekilas Tentang Media belajar

Sekilas tentang media belajar - Hasil yang baik akan diperoleh melalui proses yang baik pula. Ini berarti, tidak mungkin akan diperoleh hasil yang memuaskan tanpa adanya proses yang baik. 

Begitu pula dalam dunia pendidikan. Proses pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan secara optimal akan mengantarkan pada hasil yang diharapkan.

Inti kegiatan pendidikan di sekolah adalah proses belajar dan mengajar. Belajar adalah usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan ke arah yang lebih baik.

Mengajar adalah menciptakan kondisi yang memungkinkan terciptanya proses belajar yang baik.

Dalam prosesnya, kegiatan belajar di ruang kelas tidak lepas media belajar. Media diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan atau informasi kepada orang lain. 

Sebagai perantara atau pengantar, media mampu merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan minat siswa untuk belajar baik.

Jika demikian, banyak sekali media belajar yang dapat membantu proses belajar siswa. Semua bahan dan benda yang ada di ruang kelas dapat dijadikan sebagai  media. 

Papan tulis, penghapus, meja dan kursi, gambar-gambar di dinding kelas, semuanya bisa dijadikan media belajar. 

Begitu pula segala sesuatu yang ada pada diri siswa. Rambut, mata, pakaian seragam, jam tangan, anting-anting, semuanya juga bias dijadikan media penyampai pesan atau informasi kepada siswa.

Demikian sekilas tentang media belajar. Mudah-mudahan artikel berikutnya dapat di-posting mengenai kegunaan dari media belajar.***